“MINIPUSYAN OLSHOP”
Latar Belakang
Perkembangan
buasana muslim yang diambil dari budaya berpakaian para remaja berjilbab telah
menjamur di kalangan remaja Indonesia. Sedangkan olshop (online shop) yang
mengkhususkan diri pada busana muslim masih terbilang sedikit.
Oleh
karena itu, terbuka peluang usaha yang mempunyai potensi pasar yang cukup
menjanjikan keuntungan tersendiri. Saat ini bisnis olshop sedang menjamur.
Olshop/situs jual beli yang menawarkan aneka macam barang yang disukai remaja
atau anak muda saat ini yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet.
Biasanya selalu mengikuti tren yang sedang berlaku. Akan tetapi hanya sedikit
olshop busana muslim yang berani menawarkan konsep unik dan tidak biasa yang
disenangi remaja.
Untuk
memenuhi keinginan remaja muslim yang selalu ingin tampil beda dan ekspresif
maka konsep bisnis produk Olshop yang kami tawarkan berbeda dari Olshop yang
telah ada, yaitu bahwa produk yang kami tawarkan berupa pakaian dan
pernak-pernik bergaya muslim modern.
Disamping
itu, Olshop kami juga menawarkan pemesanan pakaian sesuai dengan selera
konsumen yang terkait dengan gaya busana muslim modern dan menarik.
Nama dan Alamat Perusahaan
“MINIPUSYAN
OLSHOP”
Minipusyanshop.blogspot.com
Alamat
Rumah Produksi : Gg. Jambu 8 RT 03 RW 06 Jajar Laweyan Surakarta
Busana
muslim kini sangat menarik minat remaja muslim Indonesia. Busana muslim
merupakan pusat para remaja muslim untuk mengekspresikan dirinya melalui gaya
berpakaian.
Visi
Be
Different, berani tampil beda tapi tetap gaul
Misi
Memenuhi kebuatuhan busana muslim remaja
yang modern dan unik.
Sasaran
Peminat busana muslim modern
Kegiatan Usaha
- Jenis
Kegiatan : “Penjualan pakaian dan pernak pernik Busana Muslim”
- Lokasi : solo
- Kondisi : usaha kami jik digolongkan atau dibandingkan
dengan usaha-usaha lain merupakan usaha yang tergolong baik.
- Besar kecil
: bila dibandingkan dangan usaha-usaha
luar,kami tergolong usaha untuk sasaran kalangan menengah atas.
Aspek pemasaran
1. Strategi
pemasaran
- Geografis :
mencakup daerah seluruh indonesia
- Demografis
: dari kalangan komunitas muslim, perusahaan pakaian, para remaja, dan
masyarakat.
- Psikologis
: untuk para remaja yang menyukai penampilan yang menarik dalam segala
suasana.
- Perilaku :
produk toko online ini sangat cocok untuk para pemakai busana muslim
dengan menawarkan kualitas yang baik dan dengan model yang orisinil
dibandingkan dengan produk sejenis.
2. Targeting
Akan menawarkan jasa di
kalangan pemakai busana muslim, yang nantinya akan memperoleh pelanggan tetap
dari para anggota komunitas tersebut.
3. Positioning
“Produk Minipusyan
Olshop mempunyai kualitas yang bagus”
4. Taktik
a. Diferensation
: Melakukan diferensiasi dalam kualitas dan bentuk yang menarik
b. Marketing
Mix :
·
Produk : “Pakaian dan
Pernak-pernik busana muslim”
·
Price : Tergantung
·
Place : Seluruh Indonesia
·
Promosi : Dengan menjelaskan melalui situs
online
·
Selling : Menjual secara online dengan
melakukan booking
5. Nilai
Pemasaran
a. Brand : “MINIPUSYAN”
b. Servis : Kualitas Produk yang bagus
c. Proses : Menawarkan produk melalui situs online
kepada konsumen dengan keunggulan produk yang ditawarkan dengan berbagai
kelebihan yang ada.
Aspek Manajemen
- Struktur
Organisasi
a. Direktur
Utama
b. Pemasaran
c. Produksi
d. Keuangan
e. SDM
- Desain
Kerja
a. Pemasaran : Memasarkan produk
b. Produksi : Menghasilkan produk sesuai dengan
kebutuhan
c. Keuangan : Mencatat keluar masuknya uang dan membuat
laporan
- Struktur
permodalan
|
- Pengandalian
usaha
a. Pemasaran : Memberikan pelayanan dengan
sebaik-baik terhadap konsumen serta menerima pesanan dari konsumen sesuai yang
diinginkan.
b. Produksi : Menjaga kualitas produk jasa
dan mengganti rugi apabila ada kerusakan barang pesanan.
c. Keuangan
:Mencatat transaksi keuangan
setiap hari.
Aspek Keuangan
Modal awal usaha adalah
Rp. 20.000.000 dari pribadi.
Dan rencana perhitungan
sebagai berikut :
Investasi awal
Laptop
+ Printer
|
Rp.
7.000.000,-
|
Mesin
Hot Press + 3 unit Mesin Jahit
|
Rp.
8.000.000,-
|
Total
|
Rp.
15.000.000,-
|
Biaya Produksi Per
Bulan
Gaji
Karyawan (3 orang)
|
Rp.
4.500.000,-
|
|
Keperluan
(listrik, air, telp)
|
Rp.
300.000,-
|
|
Bahan
kain dan perlengkapan
|
Rp.
24.500.000,-
|
|
Pernak-pernik
dan assesoris
|
Rp.
6.000.000,-
|
|
Biaya
Pengiriman
|
Rp.
12.000.000,-
|
|
Total
|
Rp.
47.300.000,-
|
Kalkulasi Biaya per Bulan
:
- Penjualan
Produk
·
Pakaian :
250 item
·
Pernak – pernik
(jilbab, tas, assesoris) : 150
item
- Harga
Jual Produk per Bulan
·
Pakaian : Rp. 325.000 / item
Nilai Jual per Bulan : Rp. 81.250.000,-
·
Pernak-pernik : Rp. 50.000 / item
Nilai Jual per Bulan : Rp. 7.500.000,-
·
Biaya Pengiriman : Rp. 25.000,-
Nilai Jual per Bulan : Rp. 7.500.000,-
- Perhitungan
Laba-Rugi
·
Biaya Perawatan Laptop,
Printer, Mesin Hot Press, Mesin Jahit diasumsikan nilai ekonomis tiga tahun,
maka nilai penyusutan per produksi 1 bulan adalah Rp. 10.000.000,-/ 36 = Rp.
277.777,78 = Rp. 278.000,-
·
Kebutuhan biaya
operasional rata-rata perbulan = Rp. 278.000,- + Rp. 47.300.000,- = Rp.
47.578.000,-
·
Proyeksi Laba perbulan
= Rp. 96.250.000,- - Rp. 47.578.000,-
= Rp. 48.672.000,-
0 komentar:
Posting Komentar