Sabtu, 28 April 2012

proposal

Diposting oleh d'putri di 03.00

“MINIPUSYAN OLSHOP”

Latar Belakang
            Perkembangan buasana muslim yang diambil dari budaya berpakaian para remaja berjilbab telah menjamur di kalangan remaja Indonesia. Sedangkan olshop (online shop) yang mengkhususkan diri pada busana muslim masih terbilang sedikit.
            Oleh karena itu, terbuka peluang usaha yang mempunyai potensi pasar yang cukup menjanjikan keuntungan tersendiri. Saat ini bisnis olshop sedang menjamur. Olshop/situs jual beli yang menawarkan aneka macam barang yang disukai remaja atau anak muda saat ini yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet. Biasanya selalu mengikuti tren yang sedang berlaku. Akan tetapi hanya sedikit olshop busana muslim yang berani menawarkan konsep unik dan tidak biasa yang disenangi remaja.
            Untuk memenuhi keinginan remaja muslim yang selalu ingin tampil beda dan ekspresif maka konsep bisnis produk Olshop yang kami tawarkan berbeda dari Olshop yang telah ada, yaitu bahwa produk yang kami tawarkan berupa pakaian dan pernak-pernik bergaya muslim modern.
            Disamping itu, Olshop kami juga menawarkan pemesanan pakaian sesuai dengan selera konsumen yang terkait dengan gaya busana muslim modern dan menarik.

Nama dan Alamat Perusahaan
“MINIPUSYAN OLSHOP”
Minipusyanshop.blogspot.com
Alamat Rumah Produksi : Gg. Jambu 8 RT 03 RW 06 Jajar Laweyan Surakarta
            Busana muslim kini sangat menarik minat remaja muslim Indonesia. Busana muslim merupakan pusat para remaja muslim untuk mengekspresikan dirinya melalui gaya berpakaian.

Visi
Be Different, berani tampil beda tapi tetap gaul
Misi
Memenuhi kebuatuhan busana muslim remaja yang modern dan unik.
Sasaran
Peminat busana muslim modern
Kegiatan Usaha
  1. Jenis Kegiatan : “Penjualan pakaian dan pernak pernik Busana Muslim”
  2. Lokasi                           : solo
  3. Kondisi             : usaha kami jik digolongkan atau dibandingkan dengan usaha-usaha lain merupakan usaha yang tergolong baik.
  4. Besar kecil          : bila dibandingkan dangan usaha-usaha luar,kami tergolong usaha untuk sasaran kalangan menengah atas.
Aspek pemasaran
1.      Strategi pemasaran
  1. Geografis : mencakup daerah seluruh indonesia
  2. Demografis : dari kalangan komunitas muslim, perusahaan pakaian, para remaja, dan masyarakat.
  3. Psikologis : untuk para remaja yang menyukai penampilan yang menarik dalam segala suasana.
  4. Perilaku : produk toko online ini sangat cocok untuk para pemakai busana muslim dengan menawarkan kualitas yang baik dan dengan model yang orisinil dibandingkan dengan produk sejenis.
2.      Targeting
Akan menawarkan jasa di kalangan pemakai busana muslim, yang nantinya akan memperoleh pelanggan tetap dari para anggota komunitas tersebut.
3.      Positioning
“Produk Minipusyan Olshop mempunyai kualitas yang bagus”
4.      Taktik
a.       Diferensation : Melakukan diferensiasi dalam kualitas dan bentuk yang menarik
b.      Marketing Mix :
·         Produk                        : “Pakaian dan Pernak-pernik busana muslim”
·         Price                : Tergantung
·         Place                : Seluruh Indonesia
·         Promosi           : Dengan menjelaskan melalui situs online
·         Selling             : Menjual secara online dengan melakukan booking
5.      Nilai Pemasaran
a.       Brand  : “MINIPUSYAN”
b.      Servis  : Kualitas Produk yang bagus
c.       Proses  : Menawarkan produk melalui situs online kepada konsumen dengan keunggulan produk yang ditawarkan dengan berbagai kelebihan yang ada.
Aspek Manajemen
  1. Struktur Organisasi
a.       Direktur Utama
b.      Pemasaran
c.       Produksi
d.      Keuangan
e.       SDM


  1. Desain Kerja
a.       Pemasaran : Memasarkan produk
b.      Produksi    : Menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan
c.       Keuangan  : Mencatat keluar masuknya uang dan membuat laporan
  1. Struktur permodalan

Modal

 


  1. Pengandalian usaha
a.       Pemasaran             : Memberikan pelayanan dengan sebaik-baik terhadap konsumen serta menerima pesanan dari konsumen sesuai yang diinginkan.
b.      Produksi                : Menjaga kualitas produk jasa dan mengganti rugi apabila ada kerusakan barang pesanan.
c.       Keuangan              :Mencatat transaksi keuangan setiap hari.
Aspek Keuangan
Modal awal usaha adalah Rp. 20.000.000 dari pribadi.
Dan rencana perhitungan sebagai berikut :
Investasi awal
Laptop + Printer
Rp. 7.000.000,-
Mesin Hot Press + 3 unit Mesin Jahit
Rp. 8.000.000,-
Total
Rp. 15.000.000,-

Biaya Produksi Per Bulan
Gaji Karyawan (3 orang)
Rp. 4.500.000,-

Keperluan (listrik, air, telp)
Rp. 300.000,-

Bahan kain dan perlengkapan
Rp. 24.500.000,-

Pernak-pernik dan assesoris
Rp. 6.000.000,-

Biaya Pengiriman
Rp. 12.000.000,-

Total
Rp. 47.300.000,-

Kalkulasi Biaya per Bulan :
  1. Penjualan Produk
·         Pakaian                                                            : 250 item
·         Pernak – pernik (jilbab, tas, assesoris)             : 150 item
  1. Harga Jual Produk per Bulan
·         Pakaian                        : Rp.  325.000 / item
Nilai Jual per Bulan     : Rp. 81.250.000,-
·         Pernak-pernik              : Rp. 50.000 / item
Nilai Jual per Bulan     : Rp. 7.500.000,-
·         Biaya Pengiriman        : Rp. 25.000,-
Nilai Jual per Bulan     : Rp. 7.500.000,-
  1. Perhitungan Laba-Rugi
·         Biaya Perawatan Laptop, Printer, Mesin Hot Press, Mesin Jahit diasumsikan nilai ekonomis tiga tahun, maka nilai penyusutan per produksi 1 bulan adalah Rp. 10.000.000,-/ 36 = Rp. 277.777,78 = Rp. 278.000,-
·         Kebutuhan biaya operasional rata-rata perbulan = Rp. 278.000,- + Rp. 47.300.000,- = Rp. 47.578.000,-
·         Proyeksi Laba perbulan = Rp. 96.250.000,- - Rp. 47.578.000,-
= Rp. 48.672.000,-





















                        


                        

                  

                    
                       
                  


  





0 komentar:

Posting Komentar

 

phut_phut Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea